Diberdayakan oleh Blogger.

Pendaftaran Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) TA 2015/2016



Kali ini MasukKampus akan memberi informasi pendaftaran Sekolah Tinggi Ilmu Statistik tahun 2015.
SekolahTinggi Ilmu Statistik (STIS) kembali memanggil pemuda/pemudi Indonesia yang memiliki minat dan motivasi tinggi untuk dididik menjadi ahli statistika. STIS menyelenggarakan program Diploma IV (D-IV) yang diterapkan dengan sistem paket yang dinyatakan dalam Satuan Kredit Semester (SKS) dan ditempuh selama 4 tahun. STIS memiliki 2 program studi, yaitu Statistika dan Komputasi Statistik, di mana program studi Statistika terbagi menjadi 2 bidang peminatan, yaitu Statistika Ekonomi dan Statistika Sosial Kependudukan. Lulusan STIS mendapat sebutan Sarjana Sains Terapan (SST).


Tahun Akademik 2015/2016, STIS menerima mahasiswa baru melalui dua jalur, yaitu Jalur Ikatan Dinas dan Jalur Tugas Belajar.
  • Jalur Ikatan Dinas merupakan jalur seleksi untuk lulusan SMA/MA jurusan IPA. Mahasiswa yang diseleksi melalui jalur ini, setelah lulus pendidikan di STIS, akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) golongan III/a (sesuai dengan peraturan yang berlaku), untuk selanjutnya ditempatkan di unit kerja BPS di seluruh Indonesia sampai dengan tingkat kabupaten/kota. Selama masa pendidikan, mahasiswa tidak dikenakan biaya pendidikan dan mahasiswa mendapat tunjangan ikatan dinas (uang saku) sesuai dengan peraturan yang berlaku. Mahasiswa memiliki ikatan dinas selama mengikuti pendidikan di STIS, dan setelah lulus, wajib bekerja di BPS selama dua kali masa pendidikan secara berturut-turut.
  • Jalur Tugas Belajar merupakan jalur seleksi untuk mereka yang memiliki status sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), pegawai tetap pada BUMN/BUMD, atau anggota TNI/POLRI, dan telah menyelesaikan pendidikan SMA/MA jurusan IPA, yang ditugasi oleh instansi yang bersangkutan untuk mengikuti pendidikan di STIS. Biaya pendidikan ditanggung oleh instansi yang memberi tugas.
Adapun jadwal lengkap Seleksi STIS adalah sebagai berikut:


TanggalKegiatanKeterangan
2 Maret s.d. 24 April 2015 Pendaftaran on-line (Jalur Ikatan Dinas) On-line di Website STIS
2 Maret s.d. 17 April 2015 Pendaftaran on-line (Jalur Tugas Belajar Non BPS)
9 Mei 2015
Ujian Tahap I
Matematika, Bahasa Inggris, dan Pengetahuan Umum
Lokasi pilihan di 33 provinsi
23 Mei 2015 Pengumuman hasil ujian tahap I On-line, Kantor BPS Provinsi, Kampus STIS
25 s.d. 27 Mei 2015 Pendaftaran ulang on-line untuk mengikuti ujian tahap II On-line di Website STIS
30 Mei 2015 Ujian tahap II (Psikotes) Lokasi pilihan di 33 provinsi
27 Juni 2015 Pengumuman hasil ujian tahap II On-line, Kantor BPS Provinsi, Kampus STIS
27 s.d. 30 Juli 2015 Ujian tahap III (wawancara dan tes kesehatan) Ditentukan Kampus STIS dan dikoordinasi Kantor BPS Provinsi
8 Agustus 2015 Pengumuman hasil ujian tahap III On-line, Kantor BPS Provinsi, Kampus STIS
10 s.d 13 Agustus 2015 Pemberkasan Kantor BPS Provinsi, Kampus STIS
1 s.d. 3 September 2015 Daftar ulang Kampus STIS

Catatan

  1. Pendaftaran dilakukan secara on-line di website STIS di Aplikasi SPMB STIS.
  2. Untuk Jalur Tugas Belajar, pendaftaran paling lambat tanggal 17 April 2015. Berkas pendaftaran dikirimkan ke Kampus STIS paling lambat sudah harus diterima tanggal 22 April 2015.
  3. Biaya seleksi dibayarkan melalui Teller atau ATM Bank BRI. melalui Bank BRI atau Bank Mandiri. Persyaratan dan prosedur pendaftaran bisa dilihat pada menu "Jalur Ikatan Dinas". Pembayaran harus dilakukan sebelum batas waktu pembayaran yang ditentukan pada waktu pendaftaran.
  4. Peserta dapat memilih lokasi ujian di 33 provinsi di seluruh Indonesia. Penentuan/perubahan lokasi ujian hanya bisa dilakukan pada waktu pendaftaran on-line berlangsung.
  5. Untuk Jalur Ikatan Dinas, bagi yang dinyatakan lulus ujian tahap IIdan akan mengikuti ujian tahap III, wajib menyerahkan berkas di bawah ini pada waktu ujian seleksi tahap III (wawancara):
    1. Fotokopi Rapor SMA/MA yang telah dilegalisir (halaman yang berisi data pribadi dan nilai).
    2. Fotokopi Ijazah SMA/MA yang telah dilegalisir. Bagi yang lulus tahun 2015 tetapi belum memiliki ijazah, dapat digantikan dengan Surat Tanda Kelulusan (SKL) atau Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU) asli atau yang telah dilegalisir.
  6. Jadwal wawancara ditentukan oleh penyelenggara ujian setempat.
  7. Peserta yang dinyatakan lulus seleksi ujian masuk, dan akan mengikuti kuliah di STIS, wajib melakukan pemberkasan, yaitu: (i) untuk Jalur Umum Ikatan Dinas harus menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID), (ii) untuk Jalur Umum Tugas Belajar Instansi Non BPS harus memastikan akan mengikuti tugas belajar. Pemberkasan dilakukan langsung di Kantor BPS Provinsi setempat atau di Kampus STIS.


Selain dari informasi di atas, lihat secara berkala halaman Pengumuman Penting Lainnya untuk pengumuman tambahan yang tidak atau belum tercantum pada informasi di atas.
Untuk memulai pendaftaran, kunjungi Aplikasi SPMB STIS.

0 komentar:

Posting Komentar