Diberdayakan oleh Blogger.

“Salah Jurusan”? Jangan sampe!


Assalamu alaikum.
Ujian akhir udah siap ya? Saatnya kalian fokus buat milih mau kuliah dimana,jurusan apa,dan sebagainya.

Setelah kuliah udah berjalan 2 atau 3 semester,mulai banyak oknum yang bilang “kayaknya aku salah jurusan”. Entah memang karena salah jurusan,atau itu Cuma alasan aja karna nilai-nilainya agak kurang menyenangkan. berikut langsung kami paparkan beberapa alasan kenapa bisa sampe salah jurusan.


IKUT IKUTAN TEMEN
Punya temen yang asik dan cocok sama kita itu memang menyenangkan. tapi jangan sampe gara-gara gak mau pisah,masa depan jadi rusak. Beda jurusan gak bakalan ngerusak pertemanan kok. Justru kalo pertemanan rusak gara-gara beda jurusan,itu gak pantas dipanggil “temen”.

PERINTAH ORANG TUA
Penyebab lain dari “salah jurusan” ini adalah karena terlalu ikut apa kata orangtua. Memang orangtua Cuma pengen ngasih yang terbaik buat anaknya. Tapi kadang yang terbaik menurut orangtua,belum pasti memang yang terbaik. Terkadang juga,keputusan orangtua itu berdasarkan pengamatan dari zaman dulu yang terkadang udah gak cocok lagi di zaman modern danserba tehnologi ini. Menurut kami, kalian udah pantas disebut dewasa,dan udah sepantasnya milih jalan yang mau kalian jalanin. Bisa konsultasi sama orangtua,tapi keputusan harus tetap ditangan kalian.

LULUSNYA DISITU
Terlalu tingginya passing grade target juga bisa buat salah jurusan. misal kalian targetnya kedokteran,dan kalian buat back up Plannya salah. “asal bisa lulus”,gitu istilahnya.

Itu tadi alasan-alasan umum kenapa salah jurusan. jadi,gimana cara biar gak sampe salah jurusan?
Langsung aja,berikut tipsnya :

SESUAIKAN SAMA MINAT
Kayaknya ini udah umum banget yah,tapi emang ini pertimbangan yang paling penting. Pilihlah jurusan yang emang kamu sukai. Bukan karna temen,orangtua dan alasan lain.Gak enak kan belajar kalo gak suka pelajarannya? Apalagi kalo terpaksa. Bakal susah nangkepnya.

SESUAIKAN SAMA BAKAT
Kalo kamu gak ngerasa ada suka secara khusus sama 1 pelajaran,mungkin poin ini bakal berguna. Mingkin kamu gak suka,tapi pasti ada minimal 1 pelajaran yang nilai kamu lebih tinggi dari pelajaran lainnya. Nah,bisa jadi disitulah bakat kamu.

SESUAIKAN DENGAN KEPRIBADIAN
Apakah kamu orangnya lebih suka ngerjain tugas sendiri daripada main sama temen? Mungkin hal itu dapat dijadikan acuan ke jurusan mana kamu mau ngelanjut. Misalnya kamu kurang suka bersosial,pilihlah jurusan yang butuh keahlian individu seperti computer. Pokoknya Cari jurusan yang cocok sama kepribadian kamu.

TUJUAN
Banyak orang milih satu jurusan karena menurutnya lapangan pekerjaannya luas,dan gajinya besar. Sebagian lagi milih satu jurusan karena emang tertarik sama hal itu. coba pertimbangkan tujuan kalian. Kalo emang yang kalian lihat itu dari segi uang ya terserah. Dari segi ilmu juga gak apa-apa. Tapi ingat satu hal, “Kalo udah berilmu,uang pasti ngejar”.

Nah,sekian paparan dari kami. Udah kami usahain agar pendek tapi gampang dipahami. Berikut pertanyaan-pertanyaan umum :
Tanya    : kak,aku udah milih yang kayaknya sesuai,tapi passing gradenya ketinggian. Gimana tuh kak?
Jawab   : ya belajar. Buat dapetin yang kalian mau kan harus dibayar pengorbanan.
Tanya    : kak,kok ujung-ujungnya terserah kami?
Jawab   :Ya emang. Tujuan kami buat post ini buat ngasih kalian saran,dari sisi pandang mana kalian bisa menilai untuk memilih satu jurusan. Jadi kalian punya dasar untuk memilih satu jurusan. bukan karena temen,pun orangtua,atau alasan lain yang gak berdasar.

Dan ingat,”Dasar kalian memilih satu jurusan itu,camkan baik-baik dalam pikiran dan hati. Jadikan itu semacam motivasi. Jangan sampe motivasi itu redup ditengah jalan”.
Buat pertanyaan lain,silahkan dikomen ya.

Sekian dari kami,semoga berguna buat yang udah nyempetin baca. Wassalam.

0 komentar:

Posting Komentar